Kenapa Nitrogen lebih baik dibanding angin biasa..??

Oroginal Post By IWB 

Bro dan sis sekalian….pernah nggak sampeyan ngintip pengisian nitrogen untuk kendaraan pribadi baik roda dua ataupun empat. Pengisian rada mahal bukan masalah demi keawetan ban. Betulkah seperti itu?. Yuk kita coba bahas bareng-bareng agar opini ini tidak dibilang salah kaprah dan informasi tanpa dasar…

Image

Dari beberapa informasi….nitrogen katanya lebih baik dibanding angin biasa. Ada yang bilang lebih enteng buat kecepatan tinggi….serta tahan lama nggak gampang membuat ban kempes. Pada dasarnya nggak ada yang salah dengan informasi diatas. Namun keterangan masih kurang spesifik dan detil. Jadi IWB akan coba ulas secara sederhana untuk menambah ilmu kita bersama. Sebagai informasi…angin biasa yang disuntikkan kedalam ban mengandung 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen dan sisanya adalah CO2 serta gas lain seperti neon dan argon plus sedikit unsur air.

Dalam pemakaian jangka panjang…campuran unsur tersebut akan memicu efek pengembunan serta korosi atau karat khususnya pada pelk tunggangan. Selain itu sifat angin juga mudah terlepas dari pori-pori ban sebab partikelnya lebih kecil dibanding pure N2. Pada kecepatan tinggi temperatur ban meningkat….unsur diatas juga ikut memuai. Tidak heran keawetan karet ban akan lebih pendek. Sementara hal itu tidak akan terjadi jika kita menggunakan nitrogen murni tanpa terkontaminasi unsur lain. Berikut beberapa keuntungan yang didapat dari nitrogen…

1. Gas nitrogen (N2) lebih stabil daripada angin dan udara biasa karena tidak gampang terpengaruh suhu ban yang sering naik turun akibat cuaca dijalanan.

2. N2 mempunyai berat jenis lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar dibanding oksigen membuat kebocoran ban ber-Nitrogen lebih sedikit sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Keawetan nitrogen didalam ban bahkan diklaim 1/3 lebih lama dibanding angin….

3. Kinerja ban lebih optimal ketika berputar karena sifatnya yang dingin

4. Lebih hemat BBM (bila tekanan angin selalu terjaga)

5. Memperbaiki manuver tunggangan

6. Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab

7. Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama…..lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability….

Nah….banyak kan bro benefit menggunakan Nitrogen. Dan yang penting……saat mengisi Nitrogen pertama kali, IWB sangat anjurkan mengeluarkan seluruh isi angin diban sebelumnya. Inflate tires sangat penting untuk memastikan unsur yang masuk kedalam ban adalah murni N2. Dengan peningkatan Nitrogen hingga 95 persen (sangat sulit membuatnya 100 persen) maka keuntungan yang kita dapatkan bakal maksimal. Piye…masih kekeh menggunakan angin biasa??. IWB mah emoh rek :mrgreen: (iwb)

Advertisements

5 thoughts on “Kenapa Nitrogen lebih baik dibanding angin biasa..??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s