Penyakit Bell’s Palsy Mengintai Para Bikers..!!

Pagi ini baca artikel wak haji taufik tentang penyakit Bell’s Palsy yang menyerang salah satu biker ketika pulang dari touring…ngeri2 gag pake sedap bro bacanya..gimana enggak penyakit ini ternyata menyerang syaraf sebagian wajah..sehingga kehilangan fungsinya.

Image

Untuk lebih jelas tentang penyakit Bell’s palsy MFBlog kutip dari wikipedia..Bell’s palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Terjadi disfungsi syaraf VII (syaraf fascialis). Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan “menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Beberapa ahli menyatakan penyebab Bell’s Palsy berupa virus herpes yang membuat syaraf menjadi bengkak akibat infeksi. Metode pengobatan berupa obat2an jenis steroid dapat mengurangi pembengkakan.

Lebih parahnya lagi penyakit ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk penyembuhannya yaitu sekitar 1-2bulan..disinyalir salah satu penyebab penyakit ini adalah drop karena badan kelelahan ketika riding jauh dalam waktu yang lama..untuk itu wak haji taufik juga menyarankan kepada seluruh biker agar menjaga kesehatan saat turing dengan cara melengkapi safety gear saat turing jauh, usahakan menggunakan helm full face, masker, sarung tangan, jaket tebal, shall juga bila perlu..lakukan manajemen waktu dalam turing agar istirahat cukup dan tidak kelelahan dan pastinya makan teratur..

Image

Dan menurut MFBlog tidak menutup kemungkinan juga kalo penyakit ini bisa menghinggap para biker yang rutin menggunakan motor untuk berkendara sehari2’nya..soalnya pengalaman MFBlog dulu juga pernah gtoo..senyum itu miring bro..sumpah malu gag enak..tapi MFBlog suma senyum doank yang kena..lainnya enggak..dan MFBlog baru tau sekarang kalo itu Penyakit Bell’s Palsy.

Last..MFBlog berharap semoga kita semua diberi perlindungan ole Allah S.W.T dari segala penyakit dalam berkendara dan pastinya harus ada usaha juga dari kita agar terhindar dari penyakit itu.

Advertisements

8 thoughts on “Penyakit Bell’s Palsy Mengintai Para Bikers..!!

  1. dhanyfirdaus

    Naik Mobil juga bisa kena Om.
    kejadian sama Paman ane…, ternyata itu karena kebiasaan ngarahin ac ke muka saat nyetir.
    apalagi pas gerah-gerahnya…., hmmm sueeger…, tp kl mikir efeknya…, ngga deh

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s