Siapa Sih Sebenernya yang Harus Jadi Prioritas Utama di Jalan Raya..Ambulan..Polisi..atau Pejabat..??

Harus diakui kadang kita sering jengkel ketika di tengah-tengah kemacetan tiba-tiba terdengar suara bunyi ngeong-ngeong-ngeong biiiipp-biipp-biiiip (suara sirine) maaf kalo bunyi’nya salah tapi kita semua tau lah bunyi’nya gimana 😀 dan muncul mobil orang kaya misal ALPH*RD maaf saya sensor kata-katanya takut disangka promosi atau menjelekan 😀 yang dikawal oleh motor PM, misal loh ini jadi jangan sewot ya 😀 ..dan kita sebagai rakyat mau tidak-mau harus menepi, terlihat janggal..masa iya cuma orang kaya yang punya prioritas utama di jalan raya..?? Trus kalo rakyat kecil gimana..?? Pertanyaan itu membuat saya mencari tau siapa sih sebenernya yang punya prioritas utama di jalan raya..?? Oke berikut penuturannya..

337

Oke jadi hal tersebut ternyata sudah diatur oleh undang-undang bro, tepatnya diatur oleh UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan khususnya pasal 134 & 135.

(1) Pemakai jalan wajib mendahulukan sesuai urutan prioritas sebagai berikut :

a. kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas;
d. kendaraan pimpinan Lembaga Negara RI;
e. Kendaraan pimpinan & pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. iring2an pengantar jenasah;dan;
g. konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara RI.

(2) Kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam pasal 134 harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara RI dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene.

(3) Petugas Kepolisian Negara RI melakukan pengamanan jika mengetahui adanya pengguna jalan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1).

(4) Alat pemberi isyarat lalu lintas tidak berlaku bagi kendaraan yang mendapatkan hak utama sebagaimana dimaksud dalam pasal 134..(Nah ini kadang-kadang yang salah kaprah, banyak mobil yang dikawal polisi juga pake sirine dan lampu rotator, padaha udah jelas gag boleh)

Pada UU tadi juga dijelaskan ada sanksinya bagi pengguna jalan yang tidak memberi kesempatan kepada kendaraan-kendaraan prioritas, yang isinya “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu” Source – blognyamitra.wordpress.com

Nah..dari penjelasan tadi udah gamblang toh sekarang siapa aja yang harus jadi prioritas utama di jalan raya, jadi kalo ada ambulan atau mobil pemadam kebakaran lewat jangan di halang-halangin bro nte bisa kena pidana..trus kalo ada kendaraan dengan kepentingan tertentu yang dikawal juga itu wajar karena memang sudah diatur dan mereka berhak menjadi prioritas utama sesuai UU..tapi kok pemadam kebakaran dan ambulans gag dikawal PM ya..?? Padahal kan mereka itu menyangkut kepentingan banyak orang, eeh malahan mobil mewah milik pribadi yang dikawal polisi..ada yang tau jawabannya..?? 😀

Contact Me : sanasininongkrong@yahoo.com

Other Post :

Advertisements

10 thoughts on “Siapa Sih Sebenernya yang Harus Jadi Prioritas Utama di Jalan Raya..Ambulan..Polisi..atau Pejabat..??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s