Kebun Raya Cibodas

IMG01557-20160506-1525Sesuai janji saya kemarin bahwa saya akan memberikan oleh-oleh hasil liburan saya..dan sekarang tiba saatnya saya menceritakan tentang liburan saya ke kebun raya cibodas…awalnya destinasi liburan kami sekeluarga adalah taman bunga cibodas..tapi…tapi…tapi…karena waktu dan perhitungan kehematan uang (bahasa naon cenah 😀 )…akhirnya kami memutuskan untuk ke kebun raya cibodas.

Buat kalian mungkin bingung ya apa bedanya kebun raya cibodas dengan taman bunga cibodas..habisanya kedua tempat ini memang berada di daerah cibodas sih..yang satu di puncak nya cibodas..yang satu lagi di lembahnya cibodas dan keduanya punya nama yang mirip-mirip gtoo jadi bikin bingung..satunya kebun raya cibodas..satunya lagi taman bunga cibodas..yang satunya taman bunga..yang satunya lagi kebun..kalo taman bunga cibodas suguhan utamanya ya taman bunga, beraneka ragam bunga..sedangkan kebun raya cibodas suguhan utamanya ya kebun, aneka ragam pepohonan..jelas tooh sekarang 😀

Oke langsung aja nih, seperti yang sudah saya sempat jelaskan sebelumnya brosis..dari sekian banyak rencana untuk mengisi libur panjang di awal bulan mei 2016 ini..hanya satu rencana yang mendekati real..yaitu ajakan kakak untuk ke cibodas..silaturahmi dengan mertuanya sekalian liburan ke kebun raya cibodas..dan akhirnya rencana ini pun terealisasi.

IMG01602-20160506-1652

Hari jum’at tepatnya tanggal 6 mei 2016 pukul 07:00WIB pagi saya beserta keluarga berangkat dari rumah di pasir muncang menuju cibodas..total ada 4 motor 8 orang di perjalanan kali ini..perjalanan memang dipersiapkan pagi hari agar terhindar dari kemacetan..maklum ini kan long weekend, jadi estimasi kami pasti macet parah..makanya kami mengantisipasinya dengan berangkat lebih awal..oke, perjalanan pun dimulai..dari pasirmuncang menuju ciherang masih aman..bisa dibilang lengang..kami pun masuk lewat jalan alternatif ratna..menuju pertigaan gadog..sejauh ini tidak ada hambatan yang berarti sampai kami mulai masuk daerah gadog..di gadog sudah terjadi penumpukan kendaraan..apalagi dari arah tol jakarta menuju puncak..penuh banget “padahal masih pagi tapi udah macet aja” beginilah resiko kalo jalan-jalan di musim liburan..apalagi ke puncak..maceeeet bro.

Dengan skill tingkat dewa 😀 saya dan kaka saya berhasil selap-selip diantara kemacetan..2 motor lainnya masih dibelakang..saya pun berusaha mengimbangi laju kakak saya yang menggunakan vixion..maklum saya cuma pake mio m3..jadi agak keteteran..hee, lumayan lama juga kemacetan mendera..sampai cisarua masih macet..dan setelahnya lumayan lancar sampai cibodas..maklum ada rekayasa lalu-lintas satu arah..jadi kami yg notabene pake motor masih bisa melanjutkan jalan ke puncak dan cibodas sedangkan mobil di berhentikan sementara..”ini nih asyiiik dah..” karena kondisi buka-tutup tersebut akhirnya tidak berselang lama saya sampai di cibodas..kurang lebih jam 09:30WIB saya sudah sampai di kediaman mertua kakak saya di cibodas..perjalanan 2jam 30menit kami tempuh..waktu segitu sudah termasuk istirahat di area agro wisata gunung mas kurang lebih 30menit…dengan kondisi long weekend rasanya itu tidak terlalu lama.

IMG01550-20160506-0954

Sesaimpainya di rumah mertua kaka saya di cibodas kami istirahat dulu,,,ngobrol-ngobrol sambil menunggu hidangan yang katanya akan disajikan, “wah enak nih” saya dan istri inisiatif beli cuanki dulu untuk mengganjal perut..maklum perut udah gag bisa kompromi lagi..hee, “enak juga cuanki disini..rasanya beda ma cuanki yg biasa saya beli di sekitar rumah” mungkin karena yg bikin cuanki ini si abangnya sendiri kali ya..jadi rasanya beda..kalo cuanki yg biasanya kan si abang yg jualannya cuma jasa menjual, sedangkan cuankinya udah ada yg nyuplai..jadi hampir semua rasanya sama..kalo yg satu ini beda..lebih josss!! saking joss nya saya sampai habis 2 mangkok cuanki..hee, maklum laper berat.. 😀 tak berselang lama makanan yang ditunggu pun datang juga..inilah enaknya kalo liburan sambil silaturahmi ke rumah saudara..disuguhi makan bro..hidangan kali ini adalah liwet + ikan peda + sambal terasi..haduuh maknyuss pokoke.

Selesai makan sekitar jam 11 siang, karena hari itu bertepatan hari jum’at jadi saya siap-siap untuk berangkat ke mesjid…sekitar jam 11:30 saya beserta kakak saya berangkat ke mesjid untuk melaksanakan ibadah shalat jum’at..pukul 12 siang sholat jum’at dimulai..kurang lebih jam 30 menit shalat jum’at dilaksanakan..pukul 12:30 shalat juma’at selesai, saya pulang kembali ke rumah dan bersiap-siap untuk berangkat ke kebun raya cibodas.

IMG01605-20160506-1658

Setelah siap-siap, kurang lebih pukul 13:30 saya beserta rombongan berangkat ke kebun raya cibodas..tak disangka di tengah perjalanan hal yang tak diinginkanpun terjadi…maceeet parah..jarak dari rumah mertua kakak ke kebun raya cibodas tidak terlalu jauh..tapi karena macet jadi lumayan lama..1 jam harus kami tempuh..haduuh macetnya itu bro..kagak tahan..tiap nemu pertigaan macet..membludaknya kendaraan roda dua dan empat yang ingin masuk ke area wisata membuat jalanan di sekitarnya macet-cet-cet-cet..tapi setelah bersusah payah akhirnya kami masuk area kebun raya cibodas..dengan tanda masuk 8ribu + karcis masuk 8,5ribu saya beserta keluarga sudah bisa menikmati kebun raya cibodas..ada apa di kebun raya cibodas..dan apa saja yang saya temui disana..?? Tunggu artikel selanjutnya ya bro…stay tune 😀

Leave a Reply

