Bro sekalian..kemarin tanpa sengaja ana pulang kerja kemalaman 😀 biasanya pulang jam 17:00WIB dari tempat kerja, tapi berhubung kemarin hujan besar banget jadi ana mutusin buat nunggu dulu ampe hujannya reda 😀 bukan tanpa alasan juga nunggu, karena jas hujan ana mulai bocor kalo di pake hujan besar #bocooor..bocooorr 😀 jadi terpaksa ana harus nunggu dari pada kedinginan dijalan karena jas ujan bocor 😀 setelah sekian lama menunggu ternyata hujan tak jua reda, dan ana mutusin untuk riding..padahal waktu sudah cukup malam.
Memang riding malam ini bukan riding malam untuk yang pertama kalinya buat ana pribadi, sudah sangat sering ana riding malam apalagi kena hunan sering banget,,tapi ana baru sadar kalo ternyata riding malam ditambah hujan itu sangat berbahaya bro bagi biker.
Berikut beberapa hal yang membuat riding malam hari ditambah guyuran hujan menjadi hal yang berbahaya bagi biker :
- Jarak Pandang Terbatas
Gag bisa dipungkiri bahwa kendala riding malam hari adalah jarak pandang yang terbatas ditambah kurangnya penerangan jalan sehingga jarak pandang semakin terbatas, walaupun ada lampu dari motor tetap saja hujan akan mengurangi jarak pandang di helm kita.
- Jalanan Licin
Sudah pasti jika hujan maka jalanan menjadi lebih licin dari pada kondisi kering..ini patut diwaspadai bro karena banyak lubang dijalan raya yang tertutup oleh air sehingga menimbulkan genangan yang terlihat tenang padahal menghanyutkan 😀
- Berkendara Tidak Maximal
Setidaknya ini yang ana rasain ketika berkendara saat hujan dirasakan kurang maximal karena genggaman tangan untuk menarik gas menjadi licin dan untuk melakukan pengereman menjadi kurang maximal.
Dari beberapa hal diatas yang coba ana paprkan tentang bahayanya riding malam hari apalagi disaat kondisi sedang hujan ana juga coba memberi solusi agar para biker tidak galau kalau menghadapi kondisi ini, berikut tips singkat dari ana agar lebih aman ridning’nya :
- Rencanakan Perjalanan
Merencanakan perjalanan adalah penting adanya, alangkah baiknya jika bro2 merencanakan perjalanan sebelum matahari tenggelam, intinya menghindari riding di malam hari, tidak ada salahnya kan bro2 dateng lebih awal ke tempat tujuan, hal ini juga bertujuan agar riding lebih santai karena tidak diburu2 waktu 😀
- Kurangi Kecepatan
Jika memang berkendara dimalam hari tidak bisa dihindarkan ditambah kondisinya hujan, alangkah bijaksana’nya jika bro2 mengurangi kecepatan dalam berkendara, hal ini bertujuan agar meminimalisir resiko dan menghindari hal yang tidak diinginkan, karena dengan berkendara santai maka kita akan lebih wasapada. Setidaknya itu yang pernah ana alami 😀
- Periksa Kondisi Motor
Kondisi motor harus dalam keadaan baik ketika bro2 akan melakukan riding malam hari, apalagi kena hujan..maka peranti yang wajib di check & re-check adalah peranti keselamatan seperti rem dan ban, hal ini penting mengingat riding di malam hari perlu kewaspaan tingkat dewa jadi rem memang harus benar2 pakem 😀 dan ban jangan gundul untuk menghindari sliding alias ndlosor 😀 bagusnya menggunakan piranti ABS (Anti Lock Braking System) agar motor tidak sliding saat kondisi jalan licin.
Gimana menurut bro2 sekalian mengenai paparan ana diatas, semoga bisa mengobati rasa galau bro2 ketika berkendara dimalam hari plus kena hujan, mudah2n tips ini bisa membantu. Karena ana juga biker dan sering riding malam kena hujan, jadi artikel ini dilatarbelakangi sama pengalaman pribadi, semoga bisa memberi sedikit pencerahan 😀
Kalo ada yang mau nambahin monggo coret2 komen’nya 😀
kaca helm harus bagus banget
agar permukaan jalan kelihatan
LikeLike
tapi malah 😦
LikeLike
Harus lebih hati-hati aja..
LikeLike
wah, nyerah klo dah urusan lampu motor…
LikeLike
Saya pernah mas, mlm2 hujan gede riding dijalanan pegunungan. Waduh ngeri bnget asli….
Sekalian nitip dah
http://chakim92.wordpress.com/2014/03/29/ahm-resmi-rilis-vario-110-fi-dan-blade-125-fi/
LikeLike
dipegunungan..?? mau ngapain malam2 😀
LikeLike
otewe Wisata Guji Tegal bro,, kemalaman 😀
LikeLike
tak kirain mau …??? heeee
LikeLike
safety first
LikeLike
hati hati mas
LikeLike
Lebih silau biasanya akibat titik2 air
LikeLike
yapp tepat 😀
LikeLike
Asal konsentrasi+berdo’a insyaalloh selamat 🙂
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/29/ini-gitarku-mana-gitarmu-2/
LikeLike
sipp
LikeLike
wah nais share nih mas 😀
————————————–
Tentang Suzuki GSR 750
LikeLike
bener. pandangan jadi terbatas. jalan licin dan lubang susah diprediksi 😦
LikeLike
aku pernah riding malem jakarta purwodadi+-700 km saat hujan deras & mati lampu lagi
kalo inget jadi ngeri sendiri
LikeLike
sepakat
licin
pandangan kurang, susah lihat objek di depan
ditambah lagi kalo ada lubang di jalan,bahaya
http://maskurmambang.com/2010/02/02/buta-sesaat-salah-satu-bahaya-perjalanan-malam/
LikeLike
ujan deres, jarak pandang tinggal 2-5 meter, helm negmbun dll
mending ngiyup dulu sambil istirahat
titip mas http://motogokil.com/2014/03/29/mengenal-sistem-kecerdasan-buatan-dan-aplikasinya-pada-otomotif/
LikeLike
Betuulll banget, riding waktu hujan itu serem kalo buat saya, kecuali kalo jalan kaki, pake payung, mlah jadi romantis 😳
LikeLike